Indonesia dan Budaya Sosial Media

            Indonesia yang kaya dengan kebudayaan dan tradisi tidak bisa monolak masuknya budaya lain, baik secara utuh ataupun perpadu...


            Indonesia yang kaya dengan kebudayaan dan tradisi tidak bisa monolak masuknya budaya lain, baik secara utuh ataupun perpaduan sedikit atau banyak. Karena pada dasarnya budaya hidup tumbuh dan berkembang mengikuti populasi zaman dan pelakunya. 
            Sebagai negara besar berpereadaban tinggi lengkap dengan pancasila dan benteng agama, Indonesia memiliki sikap cerdas mengatur mengelola, memilah, mempertahankan dan melestarikan budaya. Sebaliknya, Indonesia juga tegas menilai, mengusir bahkan memerangi budaya yang kurang baik atau bahkan tidak sesuai dengan pancasila, nilai agama dan peradaban.
            KPK merupakan salah satu contoh sikap tegas Indonesia dalam memerangi budaya korupsi yang menjamur di nusantara. Budaya korupsi bagaikan virus berbahaya yang harus segera dimusnahkan, karena jika tidak akan merusak system pemerintahan yang berdampak dapat menghancurkan bangsa dan menyiksa rakyat.
            Konser Shalawat merupakan salah satu contoh kecil menghidupkan, melestarikan dan mempromosikan budaya yang diadopsi dari timur tengah. Meski bukan kebudayaan asli Indonesia, sudah seharusnya budaya ini dibesarkan guna memerangi budaya dangdut yang belakangan ini terkikis dari nilai kesopanan dan bertolak belakang dengan kebudayaan melayu aslinya.
            Sudah selang beberapa tahun ini, Indonesia dan negara di belahan dunia diberi hadiah menarik oleh globalisasi, sebuah budaya baru yang asyik dan menarik lengkap dengan nilai positif dan negatifnya. Ya, budaya sosial media yang mau tidak mau harus diterima dan dinikmati bersama oleh semua pihak.   
            Budaya sosial media ini tidak hanya sekedar dikonsumsi belaka, namun juga melahirkan budaya lainnya, seperti narsis, lebay atau beberapa hal lain yang sarat dengan perubahan bagi manusia saat ini. Tentu kebudayaan baru ini tidak pernah dirasakan dan dinikmani manusia sebelum era modernisasi.
            Sosial media juga menyajikan informasi sekaligus membantu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sosial media berpengaruh dalam mengubah tata nilai dan sikap penggunanya. Selain menjadi gaya hidup, budaya sosial media juga mempengaruhi kesenjangan sosial, bagi pengguna dan yang tidak mampu menggunakan atau mengoprasikan sosial media tersebut.
            Budaya sosial media ini juga membantu dan mempermudah tindak kriminal dan harus diwaspadai. Seharusnya dengan adanya sosial media manusia bisa lebih sosial, namun belakangan ini budaya sosial media melahirkan budaya individualistik yang mengesankan bahwa dengan adanya sosial membuat masyarakat merasa tidak membutuhkan orang lain dalam beraktifitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.


             

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

aktifitas,13,ar Risalah,1,cerpen,12,Dalwa English,1,dunia pesantren,13,fikroh,8,FORUM AL BASHIROH,3,Hadaf,8,ibroh,6,katalog,1,Khazanah,7,Lemka Dalwa,4,Ma'haduna,25,Mabhats,17,maklumat,17,Masail Diniah,12,Ngaji Hadits,7,Ngaji Tafsir,5,Ngaji Tasawuf,4,Nisa'una,4,Nutrisi & Gizi,2,Pena Dalwa,2,Psikosufi,7,resensi,14,Rijaluna,15,Sakinah,3,tau'iyyah,7,uswah,13,Wacana,10,العربية,9,
ltr
item
AL BASHIROH: Indonesia dan Budaya Sosial Media
Indonesia dan Budaya Sosial Media
http://1.bp.blogspot.com/-QtO43p54DQk/U5RpgnFMGaI/AAAAAAAAAh0/0OlE2fdoDvo/s1600/images+(4).jpg
http://1.bp.blogspot.com/-QtO43p54DQk/U5RpgnFMGaI/AAAAAAAAAh0/0OlE2fdoDvo/s72-c/images+(4).jpg
AL BASHIROH
https://www.albashiroh.net/2014/06/indonesia-dan-budaya-sosial-media.html
https://www.albashiroh.net/
https://www.albashiroh.net/
https://www.albashiroh.net/2014/06/indonesia-dan-budaya-sosial-media.html
true
3370491230413858173
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy