Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Wednesday, November 30, 2016

Hukuman Si Peninggal Shalat


Assalamualaikum, Ustadz. Di desa saya banyak orang Islam, tetapi tidak pernah melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim alias tidak pernah shalat lima waktu. Pertanyaan saya, apakah seorang muslim yang tidak shalat, tidak boleh kita tolong dalam bentuk apapun? Syukron.
Hikmah Ilahiyah,
081554327XXX
Jawaban:
Waalaikumsalam Wr. Wb. Semoga Allah senantiasa menerangi sanubari-sanubari kita dengan cahaya Hidayah-Nya, Amin. Para ulama dalam hal ini telah menjelaskan hukum tersebut secara terperinci, yaitu sebagai berikut:

Apabila ia meninggalkannya karena uzur syar’i seperti lupa dan tidur, maka harus diqadha. Dan bila dia meninggalkannya bukan karena uzur yang ditetapkan oleh syariat, maka harus bertaubat dan langsung mengqadhanya. Kesalahannya pun dimaafkan. Akan tetapi, apabila ia meninggalkannya karena sengaja, maka ia berdosa walaupun ia langsung mengqadhanya.

Adapun bagi kita, apabila melihat seorang muslim yang sengaja meninggalkan shalat, kita harus mengingatkan dan menegurnya. Apabila ia menolak, maka kita lihat. Apabila ia keluarga kita atau termasuk seseorang yang berada dibawah kewajiban/kewenangan kita dalam perintah shalat, maka kita harus menjauhinya dan memutuskan hubungan dengannya (termasuk memberikannya pertolongan dalam bentuk apapun). Bahkan harus menghukumnya bila perlu. Akan tetapi sebaliknya, bila orang tersebut bukan keluarga kita maupun seseorang yang bukan berada dibawah kewajiban/kekuasaan kita, maka kita tetap berhubungan dengannya, termasuk memberikan pertolongan padanya. Wabillahittaufiq


 ((النصائح الدينية

0 komentar:

Post a Comment