Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Friday, May 6, 2016

Di Balik Manis Legit Gula Merah


Pernahkah terpikir saat anda menyantap kolak, cendol atau bubur kacang hijau, ada rasa manis yang khas bukan?

Berbicara tentang rasa manis, kita semua pasti kenal dengan gula merah. Siapa yang tak kenal dengan 'Si coklat manis legit’ ini. Rasa manisnya yang khas dan legit ini menjadikannya sebagai bahan campuran dessert, minuman dan kue-kue. Hampir kebanyakan makanan dan minuman tradisional Indonesia menggunakan gula merah sebagai bahan dasar pemanis dan pewarna coklat alami.

Gula merah dikelompokkan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, cairan hasil sadapan dari bunga pohon yang masih family palma, seperti aren (Arenga saccharifera), kelapa (Cocos nucifera L.) dan siwalan (Borassus flabellifer). Cairan nira dipanen dengan memotong pucuk bunga dari berbagai pohon palma. Perbedaan teknik, proses, bahkan sumber nira yang berbagai macam dalam pembuatannya memberikan kontribusi dalam menghasilkan gula merah yang memiliki jenis warna, bau, dan rasa yang berbeda untuk setiap jenis gula merah.

Sebagian dari kita tentu belum mengetahui manfaat gula merah untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya menambah rasa lezat pada makanan dan minuman, tetapi juga sehat untuk dikonsumsi. Padahal, kalau kita mau mencermati khasiatnya, gula merah bisa dijadikan obat alternatif. Karena setiap 100 gr gula merah memiliki kandungan 4 mg zat besi, 90 mg kalsium, karoten, laktoflavin, senyawa garam mineral, theamine, nicotinic acid, ascorbid acid, riboflavin, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, dan protein. Uniknya, gula merah mempunyai kadar gula dan kalori lebih rendah dibanding gula pasir. Sehingga untuk penderita diabetes dan yang ingin menurunkan lemak tidak jenuh, masih aman untuk mengkonsumsinya dalam batasan yang wajar.

Begitu juga zat besi yang terkandung di dalamnya, menjadikan gula merah sebagai obat alternatif untuk mengatasi anemia, terutama ketika wanita datang bulan. Baik juga sebagai asupan energi pada tubuh, terutama untuk yang mempunyai hobi panjat tebing dan hiking, gula merah menjadi bekal wajib bagi mereka. Karena sukrosa (glukosa+fruktosa) yang terkandung di gula merah cukup mudah untuk dicerna. mampu memberikan energi meskipun hanya dimakan sedikit.

Menurut penelitian The Philippine Food and Nutrition Research Institute, indeks glikemik pada gula merah (kelapa) sebesar 35. Nilai indeks glikemik ini termasuk kategori rendah (˂ 55). Penelitian ini dilakukan pada sepuluh orang responden yang diperlakukan khusus. Selain memiliki glikemik rendah, gula merah juga mengandung asam amino dan Vitamin. Salah satu kandungan penting dari gula merah, yaitu kandungan niacin yang bermanfaat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi akan kembali normal setelah mengkonsumsi gula merah.

Selain itu, gula merah juga bermanfaat memperlancar peredaran darah. Sekaligus mendetoks darah dari racun-racun. Manfaat lain, juga bisa mengatasi nyeri haid. Kandungan selenium pada gula merah mampu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi.

Untuk pengobatan panas dalam atau sariawan, resep turun menurun yang diwariskan nenek moyang adalah menyuguhkan segelas kunyit asam yang dicampur dengan gula merah. Karena gula merah bersifat mendinginkan, juga bisa untuk mengatasi demam dan batuk.

Bagi anda yang mengidap penyakit asma, dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah dan mengurangi gula putih. Saat temperatur tubuh terjaga, asma bisa diatasi dan tidak mudah kambuh. Gula merah juga memiliki sifat anti alergi.

Manfaat lain dari gula merah dapat mencegah jerawat, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, kejang otot, memperlambat penuaan dini, mencegah penyakit biri-biri, meningkatkan nafsu makan dan merawat kesehatan kulit.

Untuk kalangan hawa, gula merah juga bisa digunakan untuk perawatan kulit, sebagai masker untuk muka. Dapat menghaluskan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati, menghilangkan jerawat dan komedo.

        Nah, begitu banyak bukan, manfaat gula merah untuk kesehatan. Meskipun harganya lebih mahal dibanding gula pasir, akan tetapi gula merah memberikan efek sehat yang lebih bagi kita.

1 comment: