Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Saturday, April 16, 2016

Mengungkap Kejelasan Jumlah Rakaat Tarawih

Bedah Buku “Ternyata Tarawih itu 20 Rakaat” oleh Ustadz Qoimuddin (16/04/2016)
                Perbedaan pendapat para ulama’ dalam menentukan jumlah rakaat shalat tarawih kiranya dibahas secara gamblang dalam buku mini ini. Buku “Ternyata Tarawih itu 20 Rakaat” karangan Ustadz Qoimuddin ini dibuka dengan pembahasan mengenai asal mula disunnahkannya shalat tarawih. Penulis kemudian menerangkan tentang berbagai riwayat yang menjelaskan tentang shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah . Pada setiap riwayat yang menjelaskan tentang jumlah rakaat yang dilakukan Rasulullah , penulis memberikan penjelasan singkat dari para ulama dalam pengambilan hukum jumlah rakaat dari setiap riwayat.

                Pada kesimpulan terakhir, penulis menjelaskan bahwa shalat tarawih dua puluh rakaat sudah menjadi ijma’ para sahabat, khulafa’ dan keempat madzhab.

                Dalam bedah buku yang diselenggarakan di masjid Baitul Ghaffar pondok pesantren Darullughah Wadda’wah pada Sabtu (16/04/2016), Ustadz Qoimuddin menerangkan kembali bagaimana ijma’ para ulama dalam mengambil hukum jumlah rakaat shalat tarawih hingga menjadi dua puluh rakaat.   

0 komentar:

Post a Comment