Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Friday, January 1, 2016

Multaqo Nasional al Hasaniyah ke-VII : Ajang Mempererat Tali Silaturahmi Antar Alumni

albashiroh.net  Jumat (01-01-2016). Dalam rangka menyambung kembali tali silaturahmi sesama alumni, para alumni Darullughah Wadda’wah menyelenggarakan acara reuni atau yang biasa dikenal dengan multaqo di lingkungan pondok pesantren.  Untuk yang ketujuh kalinya, acara yang diadakan dua tahun sekali ini dihadiri oleh tidak kurang dari seribu alumni yang datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

       Acara inti dimulai pada pukul sembilan pagi. Dibawakan oleh al Habib Abdurrahman al Mutohar, salah satu alumni yang berasal dari Pontianak, acara berjalan dengan rapi dan tertib. Pembawaan ayat suci al Quran dibawakan oleh Rohan, alumni asal Banjarmasin. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panita, al Habib Ali bin Ahmad al Jufry. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pemimpin pusat Hai’ah al Hasaniyah, al Habib Ahmad al Hamid asal Malang.

Dalam sambutannya, beliau menyebutkan beberapa program-program kinerja alumni di berbagai daerah Indonesia yang sudah mulai berjalan dalam bidang dakwah di masyarakat. Mulai dari seminar, pelatihan-pelatihan, kerjasama dengan masjid-masjid dan program-progam lain yang berhubungan dengan dakwah Islamiah. Beliau berharap program-program seperti ini dapat tersebar dan berkembang di setiap daerah di seluruh Indonesia.

“Saya berharap para alumni tetap terus mempererat ukhuwah Islamiah antar alumni dan tokoh-tokoh Islami lainnya,” tutur rois ‘am Hai’ah al Hasaniah di akhir sambutannya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh salah satu alumni yang hadir, al Habib Muhammad bin Abdurrahman al Qodri. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan para kerabat alumni untuk kembali mengingat sang Murabbi dan banyak berdoa untuknya.

Terakhir, sambutan disampaikan oleh perwakilan Mudirul Ma’had, al Habib Segaf Hasan Baharun. Beliau menuturkan banyak kisah dan faidah yang kembali memacu semangat para alumni dalam berdakwah dengan bimbingan sang Murabbi, Abuya Hasan Baharun.

Dalam kesempatan shalat Jumat kali ini, khutbah disampaikan oleh Syekh Sami al Kuhali yang masih sempat hadir dalam kunjungan beliau di pondok pesantren Darullughah Wadda’wah. Usai shalat, para alumni bersama-sama menuju maqbarah Abuya Hasan guna pembacaan tahlil dan ziarah.

         Rentetan acara yang berikutnya adalah dzikroyat atau mengenang kembali kenangan-kenangan bersama alumni senior dan keluarga mudir.

          Pada sore hari, akan diadakan acara pelantikan kepengurusan alumni DPP dan DPW. Kemudian akan dilanjutkan dengan sosialisasi program alumni dan penutup pada dini hari nanti. red


0 komentar:

Post a Comment