Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Thursday, December 17, 2015

Wortel Dan Rahasianya

Buah–buahan dan sayuran adalah sumber alami yang bagus bagi tubuh untuk memperoleh vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa buah–buahan dan sayuran dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Salah satu sayuran yang bisa dijadikan alternatif adalah wortel.
Wortel adalah sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Bagian yang paling sering dimakan adalah umbinya karena menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Masyarakat mengetahui khasiat tersebut dari vitamin A yang terkandung di dalamnya. Karena Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, terutama untuk meningkatkan pandangan jarak jauh. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata dan mencegah katarak dan degenerasi manula yang kerap menimpa para lansia.  Selain vitamin A, wortel juga mengandung B1, B2, B3, B6, B9, vitamin c, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.
Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel mengandung lebih banyak beta karoten. Beta karoten berfungsi untuk mencegah penyakit kanker dan menurunkan kolesterol darah yang ada dalam tubuh.
Wortel juga bagus untuk menambah nutrisi bagi anak-anak. Karena dengan mengonsumsi wortel, akan menambah sistem motorik mata pada anak.  
                Selain itu, wortel juga baik untuk penderita diabetes. Penelitian yang dilakukan Robertson dkk menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi 200 gram wortel mentah setiap harinya selama tiga minggu dapat menurunkan kolesterol sebanyak 11%. Begitu pula penelitian yang dilakukan Universitas Harvard Amerika Serikat, membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi wortel lima kali seminggu dapat menurunkan 68% resiko stroke.
Di balik manfaat wortel yang begitu banyak, ternyata terdapat dampak negatifnya, antara lain:
1.       Merubah warna kulit
Perubahan warna kulit disebabkan oleh tubuh yang mendapat asupan karetonoid yang berlebihan. Mengonsumsi wortel secara berlebihan dapat mempengaruhi warna kulit karena pigmentasi yang tidak sempurna. Sehingga ketidakseimbangan sel pada kulit menyebabkan terjadinya hal tersebut.
2.       Menimbulkan masalah perut   
Ketika seseorang merasakan kram perut dan kembung, bisa jadi itu karena serat dan karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh. Alhasil, sisa nutrisi yang diserap oleh tubuh akan disimpan di usus besar hingga menyebabkan pembentukan gas pada usus.
3.       Tidak aman untuk bayi
 Wortel juga tidak baik dikonsumsi oleh bayi secara berlebihan, belum diketahui secara pasti  apa alasannya, tetapi beberapa peneliti melaporkan bahwa wortel tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak, terutama bayi. Jadi, disarankan untuk memberi porsi kecil pada anak-anak agar tidak menimbulkan efek samping bagi sang buah hati.
    Untuk penyajiannya, wortel bisa dibuat dalam beragam variasi. Salah satunya dengan hidangan sup. Cara ini sering dilakukan oleh mayoritas orang jepang dalam menjamu tamunya. Mereka menyuguhkan kepada para tamu yang datang  berkunjung ke rumah. Karena mereka mempercayai bahwa sup yang di dalamnya terdiri dari sayuran seperti wortel bisa bermanfaat untuk menambah stamina pada tubuh. Intinya, mengkonsumsi wortel sangat baik bagi tubuh apabila disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.


 Mulai sekarang aturlah pola makan Anda dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Memakannya sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, akan memberi manfaat besar bagi Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa adanya hambatan.

http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/10/manfaat-tersembunyi-wortel-kesehatan.html

2 comments:

  1. Wortel manfaatnya bagus sekali, tidak heran banyak ibu-ibu memberikan kita wortel senjak kecil. Apa lagi orang jaman dulu, yang selalu makan-makanan sehat dan belum ada bahan-bahan kimia seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya
    http://obatthalasemia.xyz/

    ReplyDelete