Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Friday, December 18, 2015

Makna Tersirat Sang Abstrak

Berbicara mengenai lukisan abstrak, mungkin sebagian orang yang melihatnya akan bertanya-tanya. Lukisan apa ini? Mengapa tidak tergambar jelas seperti biasanya? Mengapa seorang pelukis menggambar coretan-coretan yang tak jelas tanpa ada maknanya?
Pertanyaan seperti ini sangatlah wajar bagi orang awam lantaran lukisan abstrak memang sulit untuk dipahami. Dalam lukisan abstrak, ia tidak menjelaskan sesuatunya dengan konkrit. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang mempunyai daya imajinasi tinggi yang bisa mengerti maksudnya.
Pengertian Lukisan Abstrak
Lukisan abstrak ialah sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah wujud yang tidak natural dan realistis. Lukisan ini tidak memperlihatkan bentuk rupa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Lukisan abstrak juga dapat diartikan dengan sebuah bentuk yang penuh dengan imajinasi tinggi sehingga banyak pesan tersirat di dalamnya. Para seniman yang membuat lukisan ini mencari sebuah esensi dalam dari objek yang dia buat, sehingga lukisan yang telah dibuat lebih unik dan tampak tak berwujud nyata.
Ahmad Sadali, maestro pelukis abstrak Indonesia
Ahmad Sadali adalah murid pertama Ries Mulder, seorang pelukis dan dosen berkebangsaan Belanda yang ikut andil dalam berdirinya Departemen Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada awal karirnya, kecenderungan kubistik begitu kuat memengaruhi gaya lukisan Sadali. Ia terus mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam karyanya.
Ahmad Sadali terus bekerja keras selama karirnya. Selaku perupa ia berhasil mengembangkan kemajuan karya-karyanya secara khas dan menjadi salah satu contoh penting dalam menafsirkan pemikiran dan prinsip modernisme seni di Indonesia.
Berikut contoh lukisan Ahmad Sadali.
Tak mau kalah dengan para pelukis kenamaan lainnya, LEMKA DALWA mencoba untuk bersaing dan berekspresi mengikuti jejak para pelukis dunia.  
Beberapa contoh lukisan LEMKA DALWA.
Satu hal yang unik adalah apabila seseorang dapat memahami makna yang dimaksud dalam sebuah lukisan, maka ia juga dapat memahami kepribadian dan apa yang dipikirkan oleh sang pelukis. Hal itu karena seni adalah proses dari manusia yang mana seseorang menumpahkan segala pikiran yang ada dalam otaknya. Atau seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit untuk dinilai. Apabila masing-masing individu seniman memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau pekerjanya, maka masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.

LEMKA DALWA.mj

0 komentar:

Post a Comment