Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Sunday, February 16, 2014

The Miracle of Milk


Apa yang terbesit dalam benakmu setelah mendengar kata susu? apakah sapi? ataukah susu kemasan? yang pasti, kita akan membayangkan air yang berwarna putih yang menyegarkan tenggorokan saat diminum. Apakah kamu tahu apa yang ada di dalam susu itu? Apakah susu itu hanyalah sebuah cairan yang keluar antara kotoran dan darah? Apa mungkin di dalam susu itu ada keajaiban (Miracle)?
Rupanya, dalam susu terdapat berbagai keajaiban dan para Ilmuwan telah membuktikan hal tersebut. Para pakar nutrisi menyatakan bahwa susu adalah bahan pangan pertama dan utama bagi bayi yang baru dilahirkan. Mengapa demikian? Karna susu adalah bahan organik yang mudah untuk dicerna, tidak meninggalkan sampah di ginjal dan sebagai pembentuk sistem imun (sistem kekebalan tubuh).
 Susu juga mengandung beberapa nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral sampai lemak. Oleh karena itu, susu memiliki peranan penting dalam rutinitas keseharian kita, tidak hanya mencukupi kebutuhan kalori, susu juga berperan aktif dalam proses pembentukan otot.
 Faktanya, susu merupakan salah satu minuman dengan kandungan nutrisi terbaik untuk otot. Protein dalam susu tersusun dari 80% whey dan 20% kasein. Whey dapat dengan cepat terpecah menjadi asam amino dan terserap dalam aliran darah. Sementara kasein dengan proses pencernaan yang lebih lambat, sangat cocok sebagai penyuplai energi yang dibutuhkan tubuh saat nutrisi dalam tubuh mulai menipis. Dengan demikian, segelas susu akan memberikan kombinasi yang sangat tepat sebagai protein pembentuk otot tubuh kita.
 Tidak hanya itu, kandungan potassium dalam susu dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi (perusakan fungsi sebagian otak), juga dapat mencegah hipertensi (darah tinggi) dan penyakit jantung. Susu mampu menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium dari bahan makanan lain yang diserap oleh tubuh.
Disisi lain, kandungan yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar. Ditambah lagi, kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan. Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
Selain itu dalam susu terkandung beberapa enzim penting, seperti: enzim laktoperoksidase berfungsi membunuh bakteri jahat yang berada dalam lambung, enzim ribonuklease berfungsi membantu organ pencernaan, enzim katalase berfungsi berguna untuk mendukung kesehatan organ pernafasan, dan asam lamino merupakan enzim yang bermanfaat untuk menambah massa otot pada tubuh, sehingga membantu mempercepat pertumbuhan anak. Persentase komposisi susu terdiri dari 87,9% Air, 3,45% Lemak, 3,2% Protein, 4,6% Laktosa, 0,4 Enzim, dan 0,45% Vitamin.
             Susu dapat mencegah osteoporosis dan menjaga tulang kita agar tetap kuat. Bagi anak-anak, khasiat susu juga bisa untuk membantu pertumbuhan tulang sehingga membuat anak bertambah tinggi. Susu juga dapat mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu juga dapat membantu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
Ternyata susu juga dapat menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya zat yang dikenal dengan antidotum. Antidotum ini mampu menangkap dan mengendapkan racun-racun yang ada. Setelah racun mengendap, racun itu dikeluarkan melalui feses.
             Dalam agama Islam, jika ada orang yang memberi susu, kita di makruhkan untuk menolaknya. Mengapa hal itu bisa terjadi? rupanya dibalik itu, ada belbagai keistimewaan susu yang sangat sayang bila dilewatkan. Nabi r sebelum meminum susu, beliau berdoa:
"أللّهمّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَ زِدْنَا مِنْهُ"
                “Ya Allah, berikanlah kami keberkahan di dalamnya, dan tambahkanlah darinya.”
Dalam kitab Tuhfatul Akhwadzi syarah sunan At-Tirmidzi juz 8 hal 353 disebutkan bahwa alasan mengapa Nabi r menggunakan lafadz "وَ زِدْنَا مِنْهُ", padahal pada hadist yang sama ketika Nabi hendak makan, beliau berdoa "  "وَارْزُقْنَا خَيْرًا مِنْهُ(dan berilah kami yang lebih baik darinya) karena memang tidak didapatkan makanan yang lebih baik dari susu dan tidak ada yang bisa menghilangkan rasa lapar dan dahaga sekaligus kecuali dengan meminum susu.
Berbicara mengenai hukum halal dan tidaknya susu, kita berpatokan dengan kaidah bahwa semua binatang yang dagingnya halal dimakan, maka air susu hewan tersebut adalah suci dan halal diminum. Sedangkan hewan yang dagingnya haram dimakan, maka air susunya dihukumi najis dan haram diminum.   
Allah I menyebut susu di beberapa surat, misalnya saja dalam Surat An-Nahl dan Al-Mu'minun :
وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ
 “Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.“ (QS An-Nahl : 66)
وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ
         “Dan sungguh pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan.”  (QS Al-Mu'minun : 21)
                Ada hal yang tak kalah menarik untuk diperbincangkan mengenai susu. Bahwasanya di surga terdapat sungai-sungai yang dialiri air susu. Hal ini tercantum dalam firman Allah U:
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ
Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai- sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong? (QS Muhammad : 15).
            Itulah sekelumit pengetahuan tentang keajaiban susu. Semoga yang singkat bisa bermanfaat. Ihsan
           


0 komentar:

Post a Comment