Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Thursday, April 12, 2012

MENYIBAK RAHASIA SAINS SHOLAT MALAM



وقت السحر به يطيب  الحال لأهل الصفا        وبه يجود العلي بالفضل لأهل الوفا
كم من سقيم بهذا الوقـت نال الشفا      وكم به اتصل من عبد بالمصطفى
( الحبيب عمر بن محمد بن سالم بن حفيظ ) "

Kiranya satu Fakta terungkap lagi untuk menjadi bukti akan kebenaran islam yang sunnahnya bukan hanya sekedar petuah ukhrowi, namun juga dapat dibuktikan secara ilmiah keabsolutannya. dr Gustave bond mengatakan bahwasanya islam merupakan agama yang paling sepadan dengan penemuan-penemuan ilmiah, perkembangan ilmu pengetahuan dan etika sains, dimana hal itu bersumber pada wahyu yang diturunkan pada wahyu yang ummi, hadist  dari manusia yang tidak menguasai baca tulis dan pada akhirnya membuat jutaan profesor tercengang takjub.
SHOLAT MALAM
Salah satu ritual ibadah yang menjadi ciri umat islam, terutama orang sholeh adalah shalat malam, atau disebut pula dengan shalat tahajjud seperti ayat al-qur’an menamainya. Dalam berbagai hadis banyak disebutkan bahwa karakter mu’min adalah wajahnya memiliki tanda karena banyaknya sujud, yakni pada shalat malam. Ini pun disinggung dalam al-qur’an. Banyaknya ayat dan hadis yang mengangkat tema tentang tahajjud menunjukkan betapa tahajjud memiliki arti penting dalam islam.
Tahajjud adalah shalat sunnah (nafilah) yang memiliki waktu setelah shalat isya’ dan berakhir ketika terbit fajar. Dengan syarat dilaksanakan setelah tidur ba’da isya. Tentu saja ibadah ini amat sangatlah berat karena untuk melaksanakannya seseorang harus shalat isya’ lalu tidur lalu harus menyempatkan diri bangun, berwudhu, barulah ia boleh mendirikan shalat tahajjud. Tidak mampu menjalaninya dengan istiqomah kecuali mereka yang mendapat taufiq dan rahmat allah swt.  
Lemak jenuh yang menumpuk yang tertimbun akibat makanan dan aktifitas seharian penuh akan mengedap di saraf pada malam hari.dan menjadi beku saat tidur dalam jangka waktu yang lama, terlebih saat malam hari begitu dingin dan lembab.saat tubuh tidak segera digerakkan, sistem pemanas tubuh tidak akan aktif saraf menjadi beku dan terjadi pengapuran pada asam urat.
Seorang ilmuan bernama Ray Meddis belakangan ini menyatakan bahwa masa tidur paling sempurna hanya 3 sampai 4 jam pada malam harinya,karna seseorang akan mengalami deep sleep dalam jangka 3-4 jam saja.sebelumnya justru membuat penumpukan lemak jenuh,sakit kepala dan lemas.dan lagi ,kantuk bukan hanya di sebabkan  kurangnya tidur ,berlebihannya  waktu untuk tidur jangan menjadi faktor yang paling mendukung untuk mengantuk seharian penuh.
Fadlullah Hoery,seorang ilmuan asal mesir menyatakan bahwa energi saat seseorang bangun untuk solat malam berada dalam kondisi rendah dan ringan me dan refleksi yang ada pada dirinya juga masih begitu bersih,sehingga berdampak meningkatkan intuisi seseorang untuk kesadaran dalam membentengi diri dari hawa,energi dan emosi nigatif.mungkin ini adalah salah satu kerja fisik yang dapat mempengruhi psikis seseorang dimana semakin sering seseorang bangun di malam hari,keadaan emosinya sangat membaik.
Pada saat seseorang menggelar sejadah di malam hari,kondisinya layaknya orang yang melakukan meditasi   dan relaksasi atas kelenjak pineal.hal ini akan men-spritual-kan intlektual seseorang.setiap individu mempunyai kemampuan intlektual dengan tingkat dan sifat yang berbeda ,tingkat intlektual seseorang di bedakan dengan beberapa sering mengasah,sedangkan sipat atau orientasi intlektual itu tergantung pada bagaimana ia menganakkanya duniawi atau uhkrowi,sehingga sholat malam adalah salah satu cara dimana intlektual seseorang di tampung dan di bungkus dengan islam,iman dan ihsan.
Dan lagi,pada masa matahari terbenam,kelenjar pineal mulai berkerja dan mulai memproduksi hormon dalam jumlah besar dan mencapai puncaknya pada pukul 02:00-03:00 dinin hari. hormon inilah yang kemudian menghasilkan hormon asam amino thgthopan dan jumlah besar pula.Dengan horman dalam keadaan stabil itu,tubuh membentuk sistem kekebalan tubuh dan membatasi gerak pemicu hormon seperti estrogen.
Sehingga apalagi alasan untuk tidak bangun malam dimana emosi kecerdasan dan kesehatan diperbaiki pada waktu itu.
hendaklah engkau mengambil dari waktu malam untuk engkau gunakan sholat sunnah tahajud ,mungkin dengan ini  tuhanmu memberimu maqom yang tinggi” (Q.S Al Isro’)



                                                                                                                                                EL - 

1 comment:

  1. subhanallah,, betapa allah SWT. maha pengasih kepada mahluknya. konsep tahajjud yang begutu luar biasa. terimakasih ya Allah....

    ReplyDelete