Majalah al Bashiroh -mencerahkan rohani bangsa-

Translate

Friday, April 13, 2012

Ma'haduna Edisi Shofar 1433 H


Dua Purnama Dari Kota Seribu Wali
Di malam yang temaram pada tanggal 21 Oktober  2011  pondok pesantren Darullughah Wadda’wah kedatangan dua purnama dari Kota seribu wali.  Hal ini menambahkan kebahagiaan para santri yang haus akan pencerahan dan motivasi dalam menuntut ilmu.
Selepas halaqah pembacaan kitab Ihya Ulumiddin yang dipimpin langsung oleh Mudirul Ma’had Al-habib Ali Zainal Abidin Baharun, kehadiran beliau berdua di Mesjid Baytul Gaffar diiringi dengan untaian bait-bait syair qashidah yang mengalun merdu.  Para santri dengan antusias  berbaris-baris menyambut kedatangan beliau.
Setelah berakhirnya lantunan qashidah,  Abuya Zein memperkenalkan beliau kepada para santri.  Beliau adalah al-Habib Hamid bin Muhammad Ba’alawi dan al-Habib Kazhim as-Segaf.  Di sela-sela sambutannya Abuya Zein mengungkapkan  kebahagiaannya tentang kehadiran  beliau berdua di ponpes Dalwa.  Dan beliau meminta agar berkenan memberikan taushiyah dan ijazah kepada para santri.
Taushiyah yang diawali oleh al-Haabib Hamid Ba’alawi yang juga selaku Munsib Ba’alawi dan Imam Mesjid Ba’alawi menyampaikan kepada para santri tentang pentingnya menuntut ilmu.  Dan beliau menutupnya dengan memberikan ijazah ta’lim al-arabiyah, Ratib al-Haddad, al-awrad, al-adzkar.
Kemudian disusul dengan taushiyah oleh al-Habib Kadzhim as-Segaf  yang juga menyampaikan pentingnya menuntut ilmu dan menyebarkannya kepada masyarakat.  Beliau adalah salah satu staff pengajar Ribat Darul Mustafa.
Ini merupakan kunjungan pertama beliau berdua di Ma’had Dalwa.  Semoga menjadi awal kunjungan untuk kunjungan-kunjungan berikutnya dan semoga tali silaturrahmi ini abadi hingga hari kiamat kelak.  Amienn...

****

Dengan berkumandangnya adzan magrib tunailah sudah dalam menjalankan  puasa hari Arafah dan juga menjadi pertanda akan masuknya malam Hari Raya Idul Adha 1432 H.  Gema takbir di mesjid-mesjid menambah kebahagiaan di hati setiap muslim.  Tak terkecuali di Ma’had Darullughah Wadda’wah, walau jauh terpisah dari orang tua para santri tetap berbahagia.  Itu terlihat jelas dari wajah mereka yang berseri-seri.
Di pagi yang cerah pelaksanaan shalat Ied diimami langsung oleh mudirul ma’had Abuya al-Habib Zein Baharun  dan selaku khatib adalah Ust. Hasan Basri.  Tak berselang lama selepas pelaksanaan sholat ied, penyembelihan hewan kurban dipimpin oleh Ust. Ismail Ayyub dengan jumlah hewan kurban 190 ekor kambing dan 5 ekor sapi.  “ Alhamdulillah di setiap tahunnya ada peningkatan jumlah hewan kurban yang disumbangkan ke Ponpes Dalwa. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Pasuruan, wali santri dan masyarakat yang telah berpartisipasi sehingga terlaksananya acara ini.  Daging kurban ini akan kami bagi-bagikan kepada dewan guru, para thalabah, dan masyarakat sekitar.” Ungkap beliau kepada salah satu crew el-bash.  Beliau juga menambahkan” Dengan menyumbangkan hewan kurbannya ke pondok tentunya mendapat nilai lebih disamping pahala berkurban juga pahala menyenangkan hati para santri yang memiliki nilai tersendiri disisi Allah.”
Dan untuk memeriahkan liburan Idul Adha, diselenggarakanlah beberapa event perlombaan yaitu lomba takbir,cerdas cermat zubad dan alfiyah, qiroatul kitab, muhadoroh (pidato) dan khot kaligrafi.  Diselenggarakannya perlombaan ini agar para santri dapat menggali bakat mereka dan menjadi motivator semangat mereka dalam menuntut ilmu dan berdakwah.   

****




Suasana hari jum’at  11 november 2011 berbeda dengan hari-hari biasanya.  Kali ini Ponpes Dalwa kedatangan tamu istimewa.  Mereka adalah jajaran kepolisian polres Pasuruan dan Polsek Bangil.  Adapun agenda kegiatan mereka adalah sholat jum’at berjamaah  di mesjid Baytul Gaffar yang diawali dengan siraman rohani oleh Ust. Segaf Baharun dalam rangka pembinaan rohani dan mental anggota polri wilayah Pasuruan  dan Bangil.  Ini merupakan kunjungan rutin mereka sebulan dua kali ke ponpes-ponpes dan mesjid-mesjid yang ada di wilayah Kab. Pasuruan.
Dalam pembukaannya Kapolsek Bangil menjelaskan kegiatan ini dipelopori oleh Kapolda JATIM untuk meningkatkan keimanan kami sebagai aparat kepolisian dan menjalin kerjasama dalam memelihara keamanan. Beliau menambahkan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Ponpes Dalwa khususnya Abuya Zein Baharun yang telah berkenan menyambut niat baik kami untuk mempererat tali silaturrahmi dan menjalin mitra kerjasama.  Diakhir pembukaannya beliau menyampaikan permintaan ma’af dari Kapolres Pasuruan karena tidak dapat menghadiri kegiatan ini disebabkan ada tugas yang tidak dapat diwakilkan.
Kemudian disusul oleh ceramah agama yang disampaikan oleh Ust. Segaf Baharun.   Ceramah diawali dengan ungkapan kebahagiaan yang mendalam karena kehadiran para aparat keamanan untuk menuntut ilmu agama.  Dalam ceramahnya beliau menitikberatkan akan pentingnya menuntut ilmu yang bersumber murni dari Rasulullah SAW. Yaitu dari syekh ke syekh sampai kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.  Karena tidaklah seseorang berbuat kriminal jika hatinya telah di hidupkan oleh Allah SWT. dengan ilmu agama.  Diakhir ceramahnya beliau sangat berterima kasih karena aparat keamanan menciduk remaja-remaja yang berpacaran khususnya di alun-alun Bangil.  Dan sudah sepantasnyalah antara ulama dan umara saling bahu membahu dalam menegakkan syariat Allah SWT.

****

Semaraknya Tahun Baru Islam 1433 H. terasa jelas di  Ponpes Dalwa. Diawali dengan pembacaan do’a akhir tahun sesaat sebelum adzan maghrib menandakan berakhir pula tahun 1432 H.  Setelah shalat maghrib berjamaah diteruskan dengan pembacaan do’a awal tahun dengan harapan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT dan semoga di tahun ini Allah selalu menjaga kita dari segala kemaksiatan dan mara bahaya.
Untuk meriahkan syiar Allah SWT ini diadakanlah bazar yang dikelola para santri per daerah.  Mereka menunjukkan kebolehannya dalam membuat dan menjajakan jajanan khas mereka masing-masing dan juga digelar beragam event perlombaan yang dikoordinir oleh qismud da’wah.  Adapun event perlombaan yang digelar adalah DMB Dalwa Mencari Bakat, masrohiyyah (drama), busana muslim, group qasidah,taqdimul qisshoh dan zapin.  Tak hanya ini di malam Tahun Baru, Ponpes Dalwa dimeriahkan dengan pesta kembang api berdurasi lebih dari 30 menit.  Terlihat jelas raut kebahagiaan di wajah mereka dalam menyambut tahun baru.  Selamat Tahun Baru Islam 1433 H.


****


0 komentar:

Post a Comment