Bersikap Cerdas Memaknai Penghormatan Terhadap Rasulullah

Banyak orang yang salah persepsi dalam memahami hakikat memuliakan dan menuhankan. Mereka beranggapan bahwa segala sesuatu yang bersif...


Banyak orang yang salah persepsi dalam memahami hakikat memuliakan dan menuhankan. Mereka beranggapan bahwa segala sesuatu yang bersifat memuliakan dengan tendensi yang berlebihan menurut mereka, langsung dikategorikan sebagai menyembah. Sehingga sikap memuliakan seperti berdiri, mencium tangan serta berdiri dengan penuh ketenangan ketika berada di hadapan makam rosulullah saw., semua itu dianggapnya berlebih-lebihan sehingga diklasifikasikan sebagai wujud tunduk dan patuh kepada selain Allah. Sebenarnya semua ini adalah kebodohan dan kedangkalan pikiran yang tidak mampu menjangkau substansi syariat keislaman yang hakiki. Bukankah Allah swt telah memerintahkan para malaikat dan iblis yang pada waktu itu menjadi penghuni surga untuk bersujud kepada figur manusia dalam diri Nabi Adam yang diciptakan dan dimuliakan oleh Allah sebagai rasa penghormatan dan kemuliaan karena dia telah dianugerahi pengetahuan oleh sang khaliq, serta karena dia telah dipilih olehNya sebagai khalifah di bumiNya?
و اذ قلنا للملائكة اسجدوا لادم فسجدوا الا ابليس ابى و استكبر و كان من الكافرين
“dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," Maka sujudlah mereka” (QS al-Baqoroh; 34)
Dari uraian ayat di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa sujud yang diperintahkan oleh Allah terhadap malaikatNya adalah wujud dari rasa menghormati dan memuliakan saja tanpa sedikitpun rasa penghambaan diri mereka kepada nabi adam dan itu semua tidak menyebabkan adanya kekufuran dalam arti menyembah kepada selain Allah. Seandainya itu semua menyebabkan kemusyrikan niscaya Allah tiak memerintahkan semua itu. Karena itu akan menyebabkan kekurangan dalam konteks Ketuhanan Allah serta merupakan sesuatu perkara yang mustahil jika Allah memerintahkan sesuatu dia sendiri tidak meridhoinya.
Adapun ajaran untuk memuliakan dan mengagungkan orang-orang yang memiliki kedudukan istimewa di sisi Sang Khaliq sangatlah banyak dan semua itu tercantum dalam beberapa ayat dan hadis-hadis nabi muhammad saw.
Bahkan Allah memperingatkan manusia akan kemurkaannya terhadap orang yang mengganggu hambanya yang mempunyai derajat terhormat di sisinya dengan peringatan yang sangat keras, maka patutlah bagi seluruh manusia untuk menjaga diri dari hal-hal yang dimurkai Allah dengan memperhatikan setiap tindak tanduk dan selalu menjaga kemuliaan dirinya dengan adab yang bagus dan mulia.
Ka’bah yang Agung, Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim (Hijr Ismail), termasuk hal-hal yang berhak mendapat penghormatan karena kedudukan istimewa di sisiNya. Mereka semua hanyalah bebatuan tak bernyawa dan tak berjasa. Akan tetapi lihatlah, allah telah menyuruh kita untuk mengagungkannya dengan Thawaf mengelilingi Ka’bah, Mencium Hajar Aswad seperti yang pernah dilakukan Rasulullah dan perintah shalat di sisi Maqom Ibrohim. Itu semua tidak mengindikasikan kemusyrikan karena tidaklah itu dilakukan kecuali karena perintah Allah, bukan karena mereka yang memberi manfaat atau madharat, hanya Allah lah yang bisa mendatangkan keduanya.


وإذ قلنا للملائكة اسجدوا لأدم فسجدو إلا إبليس أبى واستكبر و كان من الكافرين

COMMENTS

Name

aktifitas,12,ar Risalah,1,cerpen,12,Dalwa English,1,dunia pesantren,13,fikroh,8,FORUM AL BASHIROH,3,Hadaf,8,ibroh,6,katalog,1,Khazanah,7,Lemka Dalwa,4,Ma'haduna,24,Mabhats,17,maklumat,17,Masail Diniah,12,Ngaji Hadits,7,Ngaji Tafsir,5,Ngaji Tasawuf,4,Nisa'una,4,Nutrisi & Gizi,2,Pena Dalwa,2,Psikosufi,7,resensi,14,Rijaluna,15,Sakinah,3,tau'iyyah,7,uswah,13,Wacana,10,العربية,9,
ltr
item
AL BASHIROH: Bersikap Cerdas Memaknai Penghormatan Terhadap Rasulullah
Bersikap Cerdas Memaknai Penghormatan Terhadap Rasulullah
http://3.bp.blogspot.com/-JovFi9kJMtQ/TwXnBe3Qg1I/AAAAAAAAAJU/5T7q4erSR30/s200/muhammad-love.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-JovFi9kJMtQ/TwXnBe3Qg1I/AAAAAAAAAJU/5T7q4erSR30/s72-c/muhammad-love.jpg
AL BASHIROH
http://www.albashiroh.net/2012/01/bersikap-cerdas-memaknai-penghormatan.html
http://www.albashiroh.net/
http://www.albashiroh.net/
http://www.albashiroh.net/2012/01/bersikap-cerdas-memaknai-penghormatan.html
true
3370491230413858173
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy